Brand Awareness – Kapasitas konsumen dan calon pelanggan untuk mengenali merek, produk, atau layanan tertentu disebut sebagai brand awareness. Karena disinilah perusahaan membangun basis konsumen dan penjualannya, perusahaan membutuhkan kesadaran merek agar berhasil. Agar sebuah perusahaan dapat berhasil dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat, penting bagi perusahaan untuk memiliki brand awareness yang kuat. Hal ini disebabkan karena pelanggan memiliki kecenderungan untuk membeli barang atau jasa dari merek terkenal, yang berkontribusi pada peningkatan penjualan.
Nah jadi kita sudah tau nih kalau brand awareness itu penting. Mari kita mulai menerapkan beberapa strategi yang jika diikuti, hampir pasti akan membuat lebih banyak orang mengenal produk atau layanan kita.
Daftar Isi Artikel
Membangun Brand Awareness untuk Membuat Produk Makin Dikenal
1. Membangun Identitas dengan Mengembangkan Nama Merek, Logo, dan Slogan
Pilih nama untuk merek kalian yang menonjol, mudah diucapkan dan dapat didukung oleh logo atau warna yang khas. Perpaduan ketiga komponen tersebut harus mampu memberikan gambaran secara jelas tentang identitas perusahaan dan citra yang ingin disampaikan kepada pelanggan.
Kalian juga harus menyertakan tagline yang mendukung branding perusahaan selain logo. Buat tagline untuk bisnis kalian yang tidak hanya orisinal dan lucu, tetapi juga berwawasan dan menarik. Perusahaan kalian akan dikenal dengan cara yang lebih mudah dipahami dengan menggunakan tagline ini, baik dari segi merek, produk, atau layanan. Ketika individu membaca tagline, itu akan segera mengingat layanan dan produk yang disediakan perusahaan kalian.
Berikut adalah beberapa contoh tagline yang telah meninggalkan kesan yang tak terhapuskan di benak banyak orang:
- Nike | Just Do It
- Apple | Think Different
- Lion Air | We Make People Fly
- Nokia | Connecting People
- Gojek | Pasti Ada Jalan
2. Manfaatkan Jaringan Media Sosial
Data terbaru disediakan oleh We Are Social pada akhir Januari 2020. Menurut data ini, ada sekitar 175,4 juta orang di Indonesia yang kini dianggap sebagai pengguna internet aktif. Sebagian besar orang yang menggunakan internet juga memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk berkomunikasi dengan orang lain yang juga menggunakan internet. Karena itu, pemilik usaha, usaha kecil menengah (UKM), dan pelaku UMKM perlu memanfaatkan media sosial untuk terhubung dan berinteraksi dengan pelanggan mereka yang paling setia, serta pelanggan potensial.
Ini adalah cara paling sederhana dan paling murah untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan merek kalian. Sambil mendorong mereka untuk menaruh kepercayaan pada barang dan jasa yang kalian tawarkan.
3. Menggunakan Jasa Influencer Marketing
Selain memanfaatkan media sosial, salah satu metode yang efektif untuk brand awareness kami adalah dengan memanfaatkan jasa influencer marketing. Influencer Marketing adalah metode pemasaran media sosial yang memungkinkan bisnis menjangkau pasar yang lebih besar. Melalui influencer media sosial yang aktif di berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, YouTube, TikTok dan platform media sosial lainnya.
Ajaklah influencer populer untuk membantu menyebarkan berita tentang produk kalian. Kalian juga dapat mempertimbangkan untuk membentuk kemitraan dengan best marketing agencies yang tersedia untuk memastikan kampanye yang kalian jalankan efektif.
4. Berpartisipasi dalam Beberapa Event
Salah satu hal yang dapat kalian lakukan agar orang semakin mengenal merek bisnis kalian adalah dengan mengikuti suatu event. Ini adalah salah satu tips untuk membangun brand awareness. Kalian bisa mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan event dan pertemuan serupa lainnya dengan mengikuti Komunitas Khusus UKM atau sosial media.
Siapkan stand di semua event yang kalian hadiri. Strategi ini membutuhkan sumber daya, tapi akan ada hasil yang nampak. Brand awareness bisa ditingkatkan melalui strategi ini. Untuk eksposur yang lebih luas dan minat pendatang baru pada merek.
5. Bangun Situs Web Kalian Sendiri
Branding dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk penggunaan situs web sebagai pusat informasi. Konsumen akan lebih mudah mengenal merek kalian jika kalian memiliki situs web untuk produk kalian dan berisi semua informasi yang relevan. Buat situs web yang menarik bagi pengguna dan mudah dinavigasi. Kalian harus memberikan informasi yang menjelaskan barang dan jasa yang kalian miliki. Selain itu, kalian dapat memasukkan berbagai informasi pendukung tambahan untuk konten pemasaran di situs web.
Sewa layanan pemasaran digital untuk membangun dan memelihara situs web kalian jika kalian tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya sendiri. Mereka akan memberikan solusi yang optimal, karena mereka berpengalaman dalam teknik optimasi mesin pencari.
Brand Awareness adalah fondasi produk. Jadi pastikan kalian membangunnya dengan baik, sehingga lebih banyak orang mengenal produk atau layanan kalian.
4 Comments
admin - 2 years ago
Yes it is very possible to do that
Basel - 2 years ago
Comment on Hover. If you are bloger, buy our theme 🙂
besi - 2 years ago
This area is dedicated the most powerfool tool to make copy paste letter from A to Z cause it is so hard to make them with keyboard. This is future of science
steven - 2 years ago
terimakasih atas infonya min Portal Berita Telkom University