Brand Trust – Membangun kepercayaan konsumen pada merek bisnis sangat penting, dan hal itu dapat meningkatkan penjualan. Selain meningkatkan pendapatan, mendapatkan kepercayaan pelanggan akan membantu bisnis kalian berkembang. Metode-metode terbaik dapat membantu kalian mendapatkan loyalitas dari target pasar.

Lihat di bawah untuk perincian tentang apa yang dimaksud brand trust, apa perannya dan bagaimana meningkatkan/membangunnya.

Pertama mari membahas tentang brand trust sebagai kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau produk kalian. 

Tidak cepat atau mudah untuk mendapatkan kepercayaan seseorang. Semua butuh waktu dan proses. Oleh karena itu, kalian harus segera memulainya secara bertahap. Kalian harus segera memulai agar sedikit demi sedikit semakin banyak orang yang mengenal, menyukai, dan kemudian loyal pada merek kalian.

Tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu merek ditentukan oleh kinerja merek tersebut. Sejauh ini, apakah sudah menepati janjinya dan memuaskan pelanggan dan menunjukkan seberapa besar komitmen merek tersebut kepada penggunanya.

Jadi, selain loyalitas pengguna terhadap merek, kepercayaan ini juga mencakup loyalitas merek kepada pelanggannya. Apakah itu dapat diandalkan dalam memenuhi harapan pelanggan, atau kadang-kadang mengecewakan mereka?

Brand Trust itu Penting? Apa Perannya?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menghasilkan hasil menarik. Menurut Marketing Charts, konsumen menempatkan nilai tinggi pada kepercayaan merek. Lalu apa perannya terhadap suatu bisnis?

1. Membantu Memperoleh Pelanggan yang Loyal

Selain kualitas produk yang dirasakan, konsumen lebih cenderung tertarik untuk membelinya jika produk tersebut memiliki label/merek terpercaya. Pertama datang daya tarik, lalu beli, lalu suka, dan akhirnya kesetiaan/menjadi loyal.

Jika seorang pelanggan loyal dan memercayai merek itu, maka 70% pelanggan itu akan melakukan repeat order di masa mendatang. Apple adalah ilustrasi yang sangat baik dari perusahaan yang sangat terkenal yang memproduksi produk elektronik. Meski harganya tinggi, mereka tetap menjual banyak produknya. Orang sudah tahu bagusnya produk itu karena nama mereknya sudah terkenal. Selain itu, perusahaan ini hanya membuat satu produk iPhone per tahun.

Apple mendapatkan loyalitas pelanggannya dengan menjaga kepercayaan mereka dan selalu membuat produk berkualitas tinggi. Ini juga memberi konsumen sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan dari produk lain.

2. Memperoleh Kesempatan untuk Menerima Brand Advocate

Dengan menjaga kepercayaan orang pada merek kalian, kalian juga akan mendapatkan brand advocate. Brand Advocate adalah pelanggan yang senang yang memberi tahu orang lain tentang pengalaman baik mereka terhadap produk kalian.

Laporan menunjukkan bahwa hampir 93% orang akan membeli suatu produk jika teman atau anggota keluarga mereka merekomendasikannya. Jadi, jika kalian membangun kepercayaan konsumen, ada kemungkinan bahwa konsumen akan merekomendasikan produk kalian kepada orang lain.

Seseorang sudah memberi tahu orang tentang produk kalian, jadi kalian tidak perlu membayar biaya iklan. Jadi, pastikan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan kalian agar mereka tidak kecewa.

3. Memiliki Kemampuan untuk Bersaing dengan Kompetitor

Kita semua setuju, setiap bisnis pasti memiliki kompetitor. Apapun jenis bisnis yang dijalankan, baik itu bisnis penjualan maupun jasa, akan selalu ada persaingan. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang memproduksi dan menjual produk sejenis.

Tetapi mengapa satu produk berkinerja lebih baik dalam penjualan daripada yang lain? karena meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut. Berkaca dari hal tersebut, pentingnya kepercayaan merek dalam bisnis menjadi semakin jelas.

Banyak bisnis telah mengembangkan kepercayaan merek selama beberapa dekade, bukan hanya bertahun-tahun. Pelanggan setia akan terus membeli barang atau menggunakan jasa dari merek tersebut karena mereka sudah mengetahuinya. Bahkan jika banyak merek baru memasuki pasar dengan penawaran mereka, bisnis yang memiliki kepercayaan pelanggan akan bertahan.

Metode untuk Membangun Brand Trust

Kita sudah tahu, bahwa brand trust itu sangat penting, dengan perannya yang akan membuat bisnis dapat bertahan. Kepercayaan pelanggan tidak dapat dibangun dengan asal-asal; diperlukan metode yang tepat. Mirip dengan ketika kalian menerapkan strategi pemasaran, perencanaan juga diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan. Misalnya, kalian dapat menggunakan metode-metode berikut:

1. Pelajari Sebanyak Mungkin Tentang Pelanggan

Mencari tahu sebanyak mungkin tentang pelanggan harus menjadi langkah pertama kalian. Hal ini akan membuat kalian mengenal pelanggan kalian. Ada banyak cara untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memenangkan kepercayaan mereka pada merek kalian.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membaca komentar dan ulasan yang telah diposting. Jangan dilewati begitu saja; alih-alih, lanjutkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan ini, termasuk usia, ekspektasi, dan minat mereka.

Akan lebih mudah untuk meningkatkan kualitas dan layanan kalian jika kalian memiliki informasi tentang pelanggan kalian. Bahkan layanan yang lebih pribadi dapat ditawarkan untuk membuatnya lebih menarik bagi pelanggan.

2. Menciptakan Customer Experience yang Konsisten

Customer Service sangat penting untuk bisnis. Sayangnya, ini hanya bersifat transaksional. Sebuah pertanyaan akan diajukan dan kalian harus segera menjawabnya. Kalian diminta untuk merekomendasikan produk, dan kemudian kalian langsung melakukannya.

Bandingkan ini dengan customer experience, ini berbeda. Ini memeriksa pengalaman konsumen dengan merek kalian.

Jika kalian mengerjakannya dengan benar, Kalian akan memenangkan hati mereka. Semua ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek kalian.

3. Ciptakan Good Online Presence

Tidak lagi cukup menjalankan bisnis dengan cara tradisional; Kalian harus terus melangkah dalam penjualan online dan memaksimalkan penggunaan media sosial. Mengapa kita harus memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram? Karena basis penggunanya sangat besar.

Menggunakan media sosial untuk pemasaran dan periklanan juga dapat membantu membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan perusahaan. Ini adalah strategi pemasaran yang brilian.

Kalian dapat berinteraksi dengan pelanggan secara lebih pribadi dan meningkatkan citra publik dengan aktif di media sosial. Jelas, reputasi yang perlu dibangun adalah yang positif.

Selesai sudah penjelasan tentang brand trust. Setelah membacanya semoga kalian dapat mengerti dan dapat membangunnya ya! Dalam menjalankan bisnis, kepercayaan adalah elemen penting yang akan mendukung kesuksesan kalian. Oleh karena itu, berusahalah untuk memenangkan kepercayaan pelanggan.