Brand Management – Berbisnis merupakan jenis pekerjaan yang banyak diminati masyarakat karena dinilai lebih mandiri dan menawarkan banyak keuntungan. Tetapi banyak komponen penting yang harus dikuasai agar bisnis berhasil. Salah satunya adalah brand management, disebut juga manajemen merek.

Brand Management yang efektif merupakan faktor kunci dalam keberhasilan perusahaan. Manajemen merek adalah proses dimana suatu produk atau layanan mencapai pengakuan luas dan menetapkan tempatnya di pasar.

Lihat di bawah untuk perincian tentang apa yang dimaksud brand management dan pentingnya untuk kesuksesan bisnis.

Komponen penting dari strategi pemasaran salah satunya adalah manajemen merek. Bagaimana meninggalkan kesan mendalam yang menonjol dari produk pesaing dan membantu konsumen mengingat, mengetahui, dan mencari merek atau produk kita.

Proses menciptakan merek dengan nilai-nilai positif yang selaras dengan tujuan organisasi merupakan proses berkelanjutan yang dikenal sebagai brand management. Akibatnya, ekuitas merek serta nilai pasarnya akan meningkat, tidak hanya untuk jangka waktu yang pendek, tapi untuk jangka waktu panjang.

Pentingnya Brand Management untuk Kesuksesan Bisnis

Merek, tentu saja, bukan hanya tentang merek itu sendiri. Lebih dari itu, merek adalah identitas yang spesifik dan unik untuk perusahaan kalian. Identitas ini membedakan bisnis kalian dari bisnis lain yang menawarkan produk atau layanan yang sebanding. Ketika menjalankan bisnis, kalian harus mulai memikirkan manajemen merek sejak awal sehingga dapat mulai membentuk citra perusahaan yang akan dibangun.

Oleh karena itu, pengelolaan merek harus didahulukan sebelum memulai pemasaran suatu produk. Ketika kalian menguasainya, akan membawa kesuksesan yang lebih besar dan reputasi yang lebih baik di mata masyarakat umum.

Langkah-langkah Mengelola Brand yang Baik dan Benar

Ada beberapa langkah yang baik dan benar yang dapat kalian lakukan untuk mengelola merek bisnis kalian. Antara lain, sebagai berikut:

1. Riset

Riset adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengembangkan merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu kepada siapa kalian akan menjual produk kalian. Segmen pasar harus diperiksa secara kreatif, dengan mempertimbangkan cakupan pasar utama, pertumbuhan, faktor persaingan, serta perbandingan produk dengan penawaran pesaing.

Riset juga mencakup penentuan posisi merek. Mengetahui posisi merek di pasar adalah salah satu komponen kunci. Mengapa? Karena mungkin ada banyak produk di luar sana yang serupa dengan produk kalian. Maka, kalian harus mengembangkan strategi yang membedakan kalian dari pesaing (kompetitor).

2. Ciptakan/Kembangkan Brand Kalian Sendiri

Penting untuk mengembangkan merek yang unik dan mudah diingat jika kalian ingin orang mengenal perusahaan atau produk kalian. Hal ini terkait dengan branding, khususnya logo dan turunan dari logo seperti desain produk, desain kemasan, dll.

Untuk membuat banyak orang tertarik dengan merek kalian, awareness sangat penting dalam manajemen merek. Untuk itu, kalian perlu mengubah bentuk dan warna logo agar sesuai dengan produk dan tentunya target pasar kalian. Selain itu, identitas merek disesuaikan untuk mencerminkan filosofi perusahaan kalian.

Misalnya, jika kalian memasarkan produk ke segmen pasar anak-anak, identitas merek kalian harus menyertakan karakter yang menarik. Saat memilih warna, disarankan untuk menggunakan kombinasi warna yang cerah. Juga, kerapatan desain perlu diperhatikan, karena anak-anak cenderung melihat sesuatu secara keseluruhan.

3. Desain Visual

Brand Management adalah tentang apa yang akan dilihat orang. Maka mengenai visual ini, masuk dalam pembahasan logo bisnis kalian. Logo harus menyampaikan secara visual apa yang ditawarkan bisnis kepada kliennya. Jika warna sudah dibahas di atas, penekanannya sekarang harus bergeser ke pemilihan font yang tepat. Karena, jujur ​​saja, sekalipun font kalian keren, belum tentu itu diingat orang.

Jadi jangan melihat dari sisi kerennya saja, tapi perhatikan dari sisi karakteristik konsumen kalian. Pastikan logo kalian juga tidak ribet. Karena meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek atau perusahaan kalian adalah tujuan utamanya.

4. Tagline

Berbeda dengan nama merek, slogan atau tagline merupakan bagian dari strategi manajemen merek yang terintegrasi langsung ke dalam kegiatan promosi. Tagline-nya ringkas, seperti punchline, sehingga mudah diingat dan ditiru pelanggan. Sangatlah penting untuk menampilkan slogan sesering mungkin, termasuk pada materi promosi, situs web, dan kemasan produk.

Tagline harus relevan dengan segmen pasar Anda sehari-hari, seperti halnya logo dan turunannya.

Demikianlah artikel mengenai brand management dan pentingnya untuk kesuksesan bisnis. Semoga bermanfaat, ya. Ketika kalian menguasai hal ini, maka akan mempermudah kalian dalam mengembangkan bisnis kalian.